GRAND FINAL BATIK IN CAMPUS 2018

(Sumber Foto : Muhammad Andhyka)

Sabtu (20/10/2018) berlangsungnya acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Diponegoro yaitu Grand Final Batik In Campus 2018 yang erlangsung di ICT Convention Room. Acara ini telah dilangsungkan terhitung sebanyak 8 kali dan pada tahun ini Batik In Campus termasuk dalam salah satu rangkaian kegiatan Lustrum Dies Natalis Fakultas Teknik ke-60.

Batik In Campus pada tahun ini mengambil tema The Colourful Charm of Indonesia Batik to Inspire the Millenials yang memiliki makna yaitu menggambarkan ciri khas dan daya Tarik Batik sebagai inspirasi dalam melakukan kegiatan sehari-hari oleh generasi saat ini. Event Batik In Campus tidak hanya mencakup daerah Semarang tetapi hingga Nasional. Dapat dilihat dari lomba desain Batik yang berskala hingga tingkat Nasional dan lomba Putri Batik Kampus hingga mencakup wilayah Jawa Tengah.

Acara ini tentunya mempunyai tantangan tersendiri bagi panitia dalam mempersiapkannya karena terdapat 2 rangkaian besar, yaitu Pelatihan Membatik dan Pemilihan Putri Batik. Pada sore hari pukul 15.00-17.00 WIB merupakan acara pelatihan membatik dan pukul 17.00-21.00 WIB merupakan Grand Final Pemilihan Putri Batik Kampus Jawa Tengah 2018.

Pelatihan membatik dilaksanakan secara meriah dengan jumlah peserta melebihi 150. Pelatihan membatik dibuka untuk umum dan peserta tidak ditarik biaya apapun. Pada penghujung acara pelatihan membatik peserta boleh membawa pulang karya batik hasil dari pelatihan tersebut.

Finalis Putri Batik sudah melewati beragam rangkaian acara hingga menuju Grand Final. Dari Photoshoot, Pelatihan Membatik di Klub Merby, Beauty Class, hingga Wawancara. Lalu saat malam penobatan Putri Batik Kampus Jawa Tengah 2018 atau Grand Final didapatkan juara pertama yang diraih oleh Viony Syahira Deben dari Fakultas Psikologi Undip, juara kedua oleh Verana Kartika Sari dari Fakultas Teknik Undip, juara 3 diraih oleh Ana Susilowati dari Fakultas Sains dan Matematik, dan yang terakhir adalah juara Favorit diraih Nova Savera Ningrum dari Fakultas Ekonomi Unnes.

“Tujuan utama dari diadakannya acara ini adalah untuk melestarikan Batik sebagai salah satu warisan budaya yang harus dilindungi dan mengajak generasi muda agar semakin tertarik dalam menggunakan batik” ujar Fyna Astari selaku ketua pelaksana Batik In Campus 2018.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*